About us

Rabu, 20 Agustus 2014

FISIP HI




Sekarang saya akan menjelaskan tentang jurusan saya yaitu hubungan internasional atau di kenal dengan HI,tentu teman-teman masi bingung HI itu apa ?mempelajari apa saja?

Hubungan internasional adalah proses interaksi manusia yang terjadi antar bangsa untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Hubungan ini bisa berupa interaksi antarindividu (misalnya turis, mahasiswa, dan pekerja asing); antarkelompok (misalnya lembaga-lembaga sosial, dan perdagangan); atau hubungan antarnegara (misalnya negara-negara yang menjalin hubungan ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, atau negara-negara yang membentuk organisasi internasional seperti Sejarah PBB atau ASEAN). Hubungan Internasional (hubungan antarbangsa) sendiri terjadi karena dilatarbelakangi oleh kesadaran bahwa semua negara tidak akan mungkin bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan akan selalu membutuhkan negara lain.




hubungan internasional

Untuk perkembangan HI di  dewasa ini perkembangan Ilmu Hubungan Internasional di Indonesia  berkembang dengan pesat, hal tersebut dapat dilihat melalui banyaknya perguruan tinggi negri, maupun swasta yang memiliki jurusan tersebut. Ilmu Hubungan Internasional dapat dikatakan sebagai kajian yang merupakan konsep awal pembentukan hubungan internasional sampai sekarang digunakan dalam ilmu pengetahuan. Kemajuan Hubungan Internasional tersebut tentu tidak lepas dari sejarah yang telah membentuk Hubungan Internasional itu sendiri
            Oleh sebab itu sejarah dan perkembangan Hubungan Internasional merupakan hal yang sangat menarik untuk dibahas serta dianalisa. Paper ini akan mencoba untuk memaparkan mengenai sejarah perkembangan Ilmu Hubungan Internasional itu sendiri, beserta tingkat dan unit analisisnya. Dimana dalam pembuatannya Penulis menggunakan berbagai sumber seperti buku-buku, internet dan lain lain yang relevan dengan judul di atas.

Banyak orang bilang gimana setelah lulus HI? Banyak orang bilang, bahwa setelah lulus dari HI, satu-satunya pekerjaan yang tepat adalah duta besar/diplomat dan doakan saya teman teman semoga bisa menjadi duta besar hehe. Ga salah sih, soalnya memang salah satu kompetensi utama HI adalah kesitu. Tapi ga itu aja. Selain jadi Diplomat, kompetensi utama lulusan HI adalah jg Internasional Officer. Instansinya antara lain Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, Atase (Ahli yg diperbantukan pada kedutaan untuk mewakili/ngurus bidang tertentu. Ex atase militer), INGO (int'l non-govermental org). Pekerjaan lain HI a.l. Akademisi, Politisi, Birokrat, Analisis, Jurnalis, Banker, Pebisnis Transnasional, Konsultan Internasional. Instansinya a.l. di PTN/PTS, Parpol, Lembaga Pemerintahan, NGO, Lembaga Penelitian, Media Massa, Bank, MNC (multi national corp), dll Ga menutup kemungkinan jg lulusan HI untuk jadi Public Relations, Translater, editor, Presenter, Event Organizer dll.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar